Tempat Wisata di Bogor yang Kekinian dan Instagramable

Dengan meluasnya penggunaan Instagram, kita jadi bisa berkenalan dengan banyak tempat wisata di Bogor yang mungkin belum diketahui banyak traveler.
Kota Bogor merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.081.009 jiwa.

Bogor terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata yang menawarkan cuaca yang sejuk dan wisata yang beragam.

Kota berhawa sejuk ini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona. Bukan cuma kawasan Puncaknya yang layak dikunjungi, masih ada puluhan tempat wisata di Bogor lainnya yang tak kalah menarik.

Dengan meluasnya penggunaan Instagram, kita jadi bisa berkenalan dengan banyak tempat wisata di Bogor yang mungkin belum diketahui banyak traveler.

Beberapa di antaranya sudah menjadi destinasi wajib buat para pelancong dari generasi milenial. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya.

Berikut ini saya tampilkan deretan tempat wisata di Bogor yang paling hits sepanjang tahun 2019.

1. Danau Quarry


Tempat Wisata di Bogor

Danau ini terletak di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg dan merupakan lokasi yang cantik untuk berfoto dengan latar belakang air danau yang hijau.

Dahulunya, danau ini bernama Danau Jayamix Rumpin dan dulunya merupakan lokasi pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton. Tetapi, tambang ini kemudian ditutup karena dinilai mengganggu ketenangan warga setempat.

Akhirnya karena telah lama terbengkalai, tempat ini dijadikan semacam penampung air hujan selama bertahun-tahun dan akhirnya terbentuklah sebuah cekungan air yang tampak seperti danau alami. Akses jalanan ke danau ini cukup sulit karena jalanannya yang tidak rapi.

2. Curug Leuwi Lieuk


Tempat Wisata di Bogor

Curug Leuwi Lieuk, sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam kota Bogor. Dalam bahasa Sunda, 'leuwi' berarti lubuk atau bagian terdalam dari sungai.

Di sini, Anda akan melihat sebuah kolam alami dengan warna air yang berwarna hijau tosca yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi.

Tempat ini masih sangat alami karena belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaannya. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepi sungai sekitar 5 menit.

3. Curug Ciburial


Tempat Wisata di Bogor

Curug Ciburial atau ada juga yang menyebut curug ini dengan nama Curug Kembar Ciburial terletak di desa Cibeurem Sentul.

Air terjun ini dikatakan Curug Kembar Ciburial karena di dalamnya terdapat 2 air terjun yang letaknya bersampingan.

Pemandangan yang indah, udara pegunungan yang sejuk adalah beberapa pengalaman yang dapat Anda rasakan di Curug Ciburial ini.

Jika Anda berani, Anda pun dapat langsung menyeburkan diri dan berenang di dalam kolam air ini, tetapi tetap harus hati-hati karena curug ini memiliki aliran air yang cukup deras.

4. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol


Tempat Wisata di Bogor

Tidak ketinggalan dengan kota-kota besar lainnya, kota Bogor pun menyediakan wisata alam sembari menyajikan gardu pandang atau rumah pohon yang tentunya berada di atas pohon.

Curug Ciherang Jonggol terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur dan rumah pohon serta jembatan kayu berada di jalan masuk menuju Curug Ciherang.

Yang menarik dari rumah pohon ini adalah untuk menuju ke rumah pohon tersebut, Anda harus berjalan di atas jembatan kayu dengan pemandangan perbukitan hijau alami yang luar biasa.

Tentunya, karena rumah pohon ini berada di atas pohon besar dengan jurang dalam di bagian bawahnya, Anda harus senantiasa berhati-hati ketika berfoto atau membawa anak kecil.

Utamakan keselamatan ketika mengunjungi tempat ini. Selain itu, bagi Anda yang phobia dengan ketinggian sebaiknya hindari tempat ini.

5. Curug Cibaliung


Tempat Wisata di Bogor

Bogor terkenal dengan wisata alamnya, dan Curug Cibaliung merupakan salah satu dari wisata alam di Bogor yang terkenal. Curug ini terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul.

Curug Cibaliung memang belum terlalu terkenal karena lokasinya yang dalam dan sulit ditemukan. Karena hal ini, Anda masih dapat merasakan kealamian dari tempat ini.

Walaupun tidak terlalu tinggi, air terjun ini menawarkan kesejukan serta kejernihan air terjun yang membuat curug ini terlihat semakin cantik dan indah.

Pemandangan di sekitar Curug Cibaliung yang juga dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau Curug Baliung pun tidak kalah duanya, mulai dari bebatuan hingga pepohonan yang indah.

Jika Anda berada di sini, Anda dapat menyebur ke dalam kolam air terjun untuk merasakan kejernihan dan kesegaran air curug. Tidak hanya itu, biarkanlah tubuh Anda dipijat-pijat oleh air terjun yang deras.

Sekadar mengapung dan berenang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya adalah salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan.

Demikian artikel tentang Tempat Wisata di Bogor yang Kekinian dan Instagramable, semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

About the Author

Stimulate your passion!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.