Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad dikenal sebagai salah satu penceramah yang terkenal di Indonesia yang berasal dari pulau Sumatera.



Nama Ustadz Abdul Somad mulai banyak dikenal ketika ia aktif memberikan ceramah agama melalui saluran Youtube. Kini Ustadz Abdul Somad terkenal sebagai salah satu penceramah yang kerap mengisi ceramah agama ke berbagai daerah di Indonesia.


Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad

Nama Lengkap : Ustaz Prof. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D.

Lahir : Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977

Orang Tua : Bachtiar (Ayah), Rohana (Ibu)

Pekerjaan : Penceramah, Ahli ilmu Hadist, Ulama, Dosen

Pendidikan :

  • SD Al-Washliyah, Medan, tamat 1990.
  • Madrasah Tsanawiyah Mu'allimin Al-Washliyah, Medan, tamat 1993.
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996.
  • S1 Universitas Al-Azhar, Mesir, 2002.
  • S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, 2006.
  • S3 Universitas Islam Oumdurman, Sudan, 2019.
  • Profesor Tamu di Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam, 2020-2022.


Bernama lengkap Abdul Somad Batubara, beliau akrab dikenal sebagai Ustadz Abdul Somad. Ia lahir di sebuah desa bernama Silo Lama di wilayah kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 18 Mei 1977.


Diketahui ibu Abdul Somad bernama Rohana. Ibunya merupakan keturunan dari Syekh Abdurrahman atau dikenal sebagai Syekh Silau Laut I. Ia ada ulama besar di kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.


Masa Kecil Abdul Somad

Sejak kecil, orang tua Abdul Somad sudah memasukkan anaknya disekolah yang berkultur agama Islam. Ustad Abdul Somad memulai sekolahnya di SD Al-Washliyah Medan dan tamat disana pada tahun 1990.


Kemudian orang tuanya memasukkannya ke sekolah pesantren Darularafah di wilayah Deliserdang, Sumatera Utara. Disana ia mengenyam pendidikan selama satu tahun sebelum pindah ke Riau pada tahun 1994.


Masa Remaja

Ia bersekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah di wilayah Indragiri Hulu dan tamat pada tahun 1996. Setelah menamatkan sekolahnya, Ustadz Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi.


Ia kuliah di UIN SISKA Riau. Di kampus ini, Ustadz Abdul Somad hanya mengenyam pendidikannya selama dua tahun saja, hingga tahun 1998.


Kuliah di Al-Azhar Mesir

Ustadz Abdul Somad melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir setelah berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintah Mesir. Ia terpilih sebagai salah satu dari 100 penerima beasiswa dengan mengalahkan 900 pelamar lainnya.


Di Universitas Al-Azhar, Mesir, Abdul Somad menyelesaikan kuliahnya dalam kurun waktu 3 tahun 10 bulan dan berhasil mendapatkan gelar .Lc (License) yang merupakan gelar bagi lulusan pendidikan di kawasan timur tengah termasuk Mesir.


Lulusan Master di Maroko

Ustad Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikan S2 nya pada tahun 2004 di Maroko tepatnya di Institut Dar El Hadith El Hassania melalui beasiswa kerajaan Maroko.


Abdul Somad merupakan salah satu dari 5 orang asing yang diterima kuliah disana. Abdul Somad menyelesaikan pendidikan masternya dalam jangka waktu 1 tahun 11 bulan dan meraih gelar D.E.S.A (Diplôme d’Etudes Supérieurs Approfondies).


Dosen dan Penceramah

Ustadz Abdul Somad diketahui bekerja sebagai dosen bahasa arab dan tafsir hadist di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim dari tahun 2009.


Selain itu beliau juga mengajar sebagai Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur, Riau.


Beliau juga pernah aktif sebagai Anggota MUI Provinsi Riau dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama dan anggota badan amil zakat di Riau dari tahun 2009 hingga 2014.


Istri dan Anak Ustadz Abdul Somad

Diketahui bahwa Ustadz Abdul Somad telah menikah. Ustadz Abdul Somad menikah pada usia 31 tahun di tahun 2008. Anak Ustadz Abdul Somad bernama Mesian Haziq Abdillah.


Kini Ustadz Abdul Somad aktif dalam memberikan ceramah agama islam di berbagai pelosok di wilayah Indonesia. Dimulai dari memberikan dakwah agama melalui channel Youtube, nama Ustadz Abdul Somad semakin dikenal di masyarakat setelah video-video ceramahnya menjadi viral di internet.


Ceramah atau isi dakwahnya menegnai agama islam sangat berbobot sesuai dengan kapasitas dirinya sebagai seorang ulama, da’i sekaligus dosen agama islam.


Pertanyaan dari para jamaahnya ia jawab berdasarkan sesuai pandangan-pandangan imam mazhab dan mudah dimengerti.  Sosoknya yang cerdas dan gayanya yang sederhana membuat Ustadz Abdul Somad banyak disukai oleh jamaah atau masyarat sehingga ia banyak menerima undangan untuk ceramah.


Ustadz Abdul Somad juga banyak menerjemahkan buku-buku dari Timur Tengah yang memuat mengenai permasalahan seputar rumah tangga dalam islam dan permasalah lain dalam agama islam.


Beliau juga sudah menulis tiga buah buku yang berjudul 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat dan buku berjudul 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.


Riwayat Pekerjaan :

  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  • Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian.
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan.
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau.

About the Author

Stimulate your passion!

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.